Jumat, 18 November 2011

Rokok dan bahayanya


Bab I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
·         Kebiasaan merokok merupakan gaya hidup yang merugikan kesehatan
·         Hampir semua perokok mulai mengenal rokok pada usia muda, (Steno, 2004)
·         Setiap jam, 560 orang mati atau 8,4 juta per tahun mati akibat rokok (WHO, 2005)
·         Merokok dapat membuat IQ jongkok. (Whalley, 2005)
·         Di Indonesia 52,9 % laki2 merokok dan 3,2 % perempuan merokok (SKRT, 2000)
·         Di Semarang remaja SLTP dan SLTA 34,9 % merokok, 2,5 % perempuan merokok.

1.2  TUJUAN
1.      Untuk memberi pengetahuan tentang bahaya rokok
2.      Melatih siswa-siswi agar tidak menjadi pecandu rokok

1.3  RUMUSAN MASALAH
1.      Promosi rokok sebagai pencetus perilaku merokok
2.      Promosi iklan TV sangat mempengaruhi perilaku merokok
3.      Industri rokok mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk promosi
4.      Lingkungan pergaulan sebagai faktor pencetus perilaku merokok
5.      Rokok membuat ketagihan


BAB II
penyebab seseorang merokok

2.1  PERSEPSI SALAH MENGENAI ROKOK
-          Merokok menambah penampilan
-          Membantu berfikir / imajinasi
-          Membuat pikiran tenang
-          Menghilangkan stres / problem
-          Pelengkap setelah makan
-          Lambang kejantanan
-          Menghilangkan kantuk
-          Memudahkan belajar
-          Mengusir kesepian
2.2  PENYEBAB SESEORANG MEROKOK
·         Kebutuhan pergaulan
·         Kebiasaan social
·          Distribusi rokok/ kemnudahan mendapatkan rokok
·          Iklan yang berlebihan
·          Ajakan teman atau di tawari
2.3  PENYAKIT AKIBAT MEROKOK
a.      Dampak Fisik
*      Kanker paru (kasus terbanyak)
*      Gangguan reproduksi
*      Impoten
*      Percepatan menopause
*      Aborsi bagi ibu hamil
*      Mempersulit kehamilan
b.      Dampak Psikis
Ø  Penurunan konsentrasi (kalau tidak merokok tidak bisa berfikir)
Ø  Penurunan konsentrasi tingkat berat sampai depresi
c.       Dampak Sosial
ü  Kriminal ( mencuri untuk membeli rokok)
ü  Menularkan penyakit pada orang lain (perokok pasif)

BAB III
Bahaya rokok

3.1  Pengertian Rokok
Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (variasi bergantung kepada negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu hujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup melalui mulut pada hujung yang lain.
Terdapat dua jenis rokok, yaitu rokok yang bertapis dan tidak bertapis. Rokok yang bertapis dibuat daripada bahan busa serabut sintetik yang berfungsi untuk menyaring nikotin.

Rokok umumnya terbagi 3 kelompok: rokok mild, rokok kretek dan cerutu. Rokok tipe Mild di presentasikan mempunyai kandungan tar dan nikotin yang paling rendah dibanding rokok kretek dan hal ini dikontrol dengan baik/dijamin oleh pabriknya, karena kerendahan kadar tar dan nikotin ini justru menjadi "nilai jual" bagi mereka berkaitan dengan isu kesehatan.(tar dan nikotin adalah penyebab kanker).Rokok mild memiliki sekitar 14-15 mg tar dan 5 mg nikotin.maka rokok jenis mild juga diberi istilah light, misalnya rokok LA Light, Marlboro light dll.
"kretek" karena menurut penggemarnya kalau rokok jenis ini dibakar akan mengeluarkan bunyi "kretek-kretek" (yaitu suara kertas bercampur tembakau cacahan agak kasar yang terbakar).
Cerutu umumnya berbentuk seperti torpedo/kapal selam dengan ukuran lebih besar dan panjang dari dua jenis rokok pertama. Terdiri dari daun tembakau kering yang digulung-gulung menjadi silinder gemuk, lalu dilem. (Jadi tidak dicacah daun tembakau nya).Akibatnya cerutu menjadi yang paling besar dari segala jenis rokok kandungan tar dan nikotin nya dan menjadi yang paling berbahaya menurut dokter.
1.      Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.
2. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.
3.      Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.
4.      Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong   miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Pabrik rokok yang mempekerjakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya, sehingga apabila pabrik rokok ditutup para buruh dapat dipekerjakan di tempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa.
5.      Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok di tempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup orang lain, sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker.
6.      Kegiatan yang merusak tubuh adalah perbuatan dosa, sehingga rokok dapat dikategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin. Ulama atau ahli agama yang merokok mungkin akan memiliki persepsi yang berbeda dalam hal ini.

3.2  Zat Kimia Yang Ada Dalam Rokok
Rokok bahan baku pembuatannya, yakni tembakauKomponen gas asap rokok adalah karbon monoksida, amoniak, asam hidrosianat, nitrogen oksida, dan formaldehid. Partikelnya berupa tar, indol, nikotin, karbarzol, dan kresol. Zat-zat ini beracun, mengiritasi, dan menimbulkan kanker (karsinogen).

  1. Nikotin
Zat yangmeracuni saraf tubuh, meningkatkan tekanan darah, menimbulkan penyempitan pembuluh darah tepi, dan menyebabkan ketagihan dan ketergantungan pada pemakainyaKadar nikotin 4-6 mg yang diisap oleh orang dewasa setiap hari sudah bisa membuat seseorang ketagihan.

  1. Timah Hitam (Pb)
Timah hitam yang dihasilkan oleh sebatang rokok sebanyak 0,5 ug.Sementara ambang batas bahaya timah hitam yang masuk ke dalam tubuh adalah 20 ug per hari.

  1. Gas Karbonmonoksida (Co)
Karbon Monoksida memiliki kecenderungan yang kuat untuk berikatan dengan hemoglobin dalam sel-sel darah merah.Kadar gas CO dalam darah bukan perokok kurang dari 1 persen, sementara dalam darah perokok mencapai 4 – 15 persen. Berlipat-lipat!

  1. Tar
Tar adalah kumpulan dari beribu-ribu bahan kimia dalam komponen padat asap rokok, dan bersifat karsinogen. Pada saat rokok dihisap, tar masuk ke dalam rongga mulut sebagai uap padat. Setelah dingin, akan menjadi padat dan membentuk endapan berwarna cokelat pada permukaan gigi, saluran pernapasan, dan paru-paru. Pengendapan ini bervariasi antara 3-40 mg per batang rokok, sementara kadar tar dalam rokok berkisar 24 – 45 mg.

3.3  Dampak Rokok
a.      Dampak Paru-Paru
Merokok dapat menyebabkan perubahan struktur dan fungsi saluran napas dan jaringan paru-paru.Dikatakan merokok merupakan penyebab utama timbulnya PPOM (penyakit obstruksi paru menahun ), termasuk emfisema paru-paru, bronkitis kronis, dan asma. Hubungan antara merokok dan kanker paru-paru telah diteliti dalam 4-5 dekade terakhir ini. Didapatkan hubungan erat antara kebiasaan merokok, terutama sigaret, dengan timbulnya kanker paru-paru. Bahkan ada yang secara tegas menyatakan bahwa rokok sebagai penyebab utama terjadinya kanker paru-paru.Partikel asap rokok, seperti benzopiren, dibenzopiren, dan uretan, dikenal sebagai bahan karsinogen. Juga tar berhubungan dengan risiko terjadinya kanker. Dibandingkan dengan bukan perokok, kemungkinan timbul kanker paru-paru pada perokok mencapai 10-30 kali lebih sering.

b.      Dampak Terhadap Jantung
Merokok menjadi faktor utama penyebab penyakit pembuluh darah jantung tersebut. Bukan hanya menyebabkan penyakit jantung koroner, merokok juga berakibat buruk bagi pembuluh darah otak dan perifer.

c.       Penyakit (Stroke)
Penyumbatan pembuluh darah otak yang bersifat mendadak atau stroke banyak dikaitkan dengan merokok. Risiko stroke dan risiko kematian lebih tinggi pada perokok dibandingkan dengan bukan perokok.

d.      Wanita Merokok, Menopause Dini (sebagai akibat operasi)
Perempuan yang merokok sangat mungkin untuk mulai memasuki masa menopause sebelum usia 45 tahun dan juga membuat mereka menghadapi resiko osteoporosis dan serangan jantung. Bagi perokok paling berat, resiko menopause dini hampir dua kali lipat. Namun, perempuan yang dulunya merokok, tapi berhenti setidaknya 10 tahun sebelum menopause, pada dasarnya kurang mungkin untuk berhenti menstruasi dibandingkan dengan perokok sebelum usia 45 tahun.

3.4 Bahaya Merokok Bagi Pelajar
Remaja cenderung memiliki rasa ingin tahu yang besar. Studi menunjukkan bahwa siswa lebih mungkin untuk merokok daripada orang dewasa. Apalagi berdasarkan hasil riset terbaru mengatakan bahwa remaja merokok setiap tahun semakin meningkat. Pada umumnya mereka mengaku sudah mulai merokok antara usia 9 hingga 12 tahun.

Kebiasaan merokok bagi para pelajar bermula karena kurangnya informasi dan kesalahpahaman informasi, termakan iklan atau terbujuk rayuan teman. Diperoleh dari hasil angket Yayasan Jantung Indonesia sebanyak 77% siswa merokok karena ditawari teman. Sehingga tanpa mereka sadari racun berlahan menggerogoti tubuhnya.

Bahaya merokok bagi pelajar diantaranya dapat meningkatkan resiko kanker paru-paru dan penyakit jantung di usia yang masih muda. Selain itu kesehatan kulit tiga kali lipat lebih beresiko terdapat keriput di sekitar mata dan mulut. Kulit akan menua sebelum waktunya atau biasa disebut penuan dini.
Dari segi reproduksi, merokok di usia dini bisa menyebabkan impotensi dan mengurangi jumlah sperma pada pria dan mengurangi tingkat kesuburan pada wanita.
Jangan menganggap merokok bisa membantu menghilangkan stress saat ujian. Bukti medis menunjukkan bahwa merokok tidak menenangkan. Ini hanya efek sementara nikotin yang memberikan rasa tenang sesat. Setelah itu jika sudah selesai merokok stress akan kembali lagi.
 Tetapi jika kamu sudah merokok, carilah waktu untuk berhenti secepatnya dari kebiasaan buruk itu. Ingat semua efek buruk dari rokok karena bahaya merokok bagi pelajar jauh lebih fatal.
Mulai belajar hidup sehat dan teratur. Setahap demi setahap hilangkan kebiasaan buruk yang bisa menimbulkan bahaya kesehatan yang kronis. Siapa bilang hidup sehat itu sulit? Hidup tanpa rokok berarti hidup tanpa racun.

Bab IV
Upaya pencegahan rokok

4.1 Upaya Pencegahan Rokok
1.      Keluarga :
      Jangan menyuruh membelikan rokok
      Merokok di tempat khusus
      Jangan membuang putung rokok sembarangan
      Usahakan menaruh rokok jauh dari jangkauan anak
      Jangan meninggalkan sisa rokok yang masih panjang
      Jangan menyediakan rokok di ruang tamu

2.      Masyarakat :
      Kampanye anti rokok sebaiknya diperluas
      Peringatan bahaya merokok didasari hasil penelitian, sehingga dapat dipercaya kebenarannya
      Memberikan teguran bagi perokok
      Larangan merokok di sekolah sebaiknya di perlukan juga untuk guru
      Pembagian rokok gratis pada acara remaja sebaiknya dilarang
      Sebaiknya diperlukan denda untuk perokok di tempat tertentu (Melalui Perda)

4.2 Alasan Untuk Berhenti Merokok
1. Impotensi
Merokok akan mengurangi aliran darah yang diperlukan untuk mencapai suatu keadaan ereksi. Karena hal tersebutlah rokok dapat mempengaruhi days ereksi penis.
2. Wajah keriput
Merokok dapat mengurangi aliran oksigen dan zat gizi yang diperlukan sel kulit Anda dengan jalan menyempitkan pembuluh darah di sekitar wajah. Sehingga akan menyebabkan keriput.
3. Gigi berbercak dan nafas bau.
Partikel dari rokok sigaret dapat memberi bercak kuning hingga cokelat pada gigi Anda, dan ini juga akan memerangkap bakteri penghasil bau di mulut Anda. Kelainan gusi dan gigi tanggal juga lebih sering terjadi pada perokok.
4. Anda dan di sekitar’ menjadi bau.
Rokok sigaret memiliki bau yang tidak menyenangkan dan menempel pada segala sesuatu, dari kulit dan rambut Anda sampai pakaian dan barang-barang di sekitar Anda. Dan bau ini sama sekali bukan hal yang membangkitkan selera pasangan maupun teman-teman.
5. Tulang rapuh
Sejumlah penelitian menemukan hubungan antara merokok dengan osteoporosis pada pria dan wanita. Sebuah penelitian mengamati kasus patah tulang pinggul pada wanita lansia, dan menyimpulkan bahwa satu dari 8 kasus patah tulang itu disebabkan oleh kehilangan massa tulang yang disebabkan oleh merokok.
6. Depresi
Sebagian ilmuwan menganggap rokok mengandung zat yang mampu menyebabkan peningkatan mood. Zat inilah yang biasanya kandungannya berkurang saat seseorang menderita depresi. Itulah juga penyebabnya mengapa orang yang sedang stres atau depresi cenderung mencari ‘pelarian’ ke rokok.
7. Panutan yang buruk bagi anak.
Setiap hari, dliperkirakan 3000 anak di AS yang menjadi ketagihan merokok sigaret. Bila mereka terus merokok, 1000 diantaranya bisa dipastikan akan meninggal akibat penyakit yang berhubungan dengan merokok.
8. Kebakaran
jika Anda ceroboh, saat merokok clan membuang puntung rokok yang masih menyala ke sembarang tempat dapat menyebabkan kebakaran.
9. Sirkulasi darah yang buruk
Sel darah merah telah dirancang dari sananya untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Pada perokok, molekul oksigen digantikan oleh komponen dari asap rokok, sehingga menghambat transportasi oksigen yang penting bagi kehidupan sel.
10. Terkesan bodoh
Jika perokok membela ketergantungannya, ada satu kebenaran yang tak mampu mereka pungkiri: Seperti kata slogan, rokok itu pembunuh. jadi, bila masih ada yang meneruskan kebiasaan itu, tentunya akan terlihat bodoh kan.

4.3 STRATEGI BERHENTI MEROKOK
Berikut ini strategi-strategi yang dapat anda gunakan untuk berhenti merokok:
1.      Rencanakan waktu berhenti
Rencanakan kapan anda akan berhenti merokok untuk selamanya. Waktunya mungkin saja beberapa hari ke depan atau 2 minggu lagi. Menjelang hari berhenti merokok itu, anda kurangi jumlah rokok yang dihisap setiap harinya.

2. Obat-obatan
Obat membantu mengurangi gejala-gejala berhenti merokok sampai efek terburuk terlewati. Anda mempunyai pilihan obat baik berdasarkan resep dokter maupun obat over-the-counter (tanpa resep dokter). Diskusikan pilihan tersebut dengan dokter anda.

3. Bantu diri anda sendiri
Dalam merencanakan dan menjaga keinginan anda untuk berhenti merokok, carilah informasi mengenai rokok dan penyakit yang ditimbulkan dari berbagai sumber terpercaya seperti American Cancer Society, American Lung Association, Centers for Disease Control and Prevention atau situs lokal seperti Yayasan Kanker Indonesia, Yayasan Jantung Indonesia ,Komite Nasional Penanggulangan Masalah Merokok. Bantulah diri anda dengan informasi yang meyakinkan anda untuk menjauh dari rokok setelah berhenti merokok.

4. Kelompok pendukung
Entah anda bertemu secara online atau sebuah kelompok pendukung. Carilah dukungan dari orang-orang yang juga berusaha untuk berhenti merokok.

5. Konseling
Konseling merupakan pertemuan tatap muka dengan dokter yang terpercaya, psikolog, perawat atau konselor. Forum ini akan membahas hal-hal apa saja yang menghalangi anda untuk berhenti merokok dan cara-cara untuk mengatasinya.

6. Cold turkey
Merupakan strategi dengan langsung berhenti merokok. Jika anda memilih cold turkey maka anda akan mengalami gejala-gejala putus rokok, seperti semua orang yang berhenti merokok seperti tidak sabar (restlessness), nafsu makan bertambah, mudah tersinggung.
Disarankan agar anda mencari bantuan saat anda berhenti merokok, baik itu berupa dukungan ataupun pengobatan.

7. Olahraga
Olahraga akan membantu anda mengatasi stres dan berat badan yang bertambah setelah anda berhenti merokok.

8. Ajak Sahabat/Keluarga Anda
Mintalah teman atau anggota keluarga yang tidak merokok untuk menyediakan waktu mereka jika anda mengalami masa-masa yang sulit.

9. Terapi alternatif
Beberapa perokok mencoba metode hipnotis atau akupuntur untuk membantu mereka berhenti merokok, meskipun tidak banyak yang terbukti berhasil. Namun, bila metode tersebut membuat anda berhenti merokok, berarti metode tersebut cocok dengan anda.


BAb V
kesimpulan dan saran
4.1 Kesimpulan :
Jadi dapat disimpulkan bahwa merokok merupakan kegiatan bodoh yang dilakukan manusia yang mengorbankan uang, kesehatan, kehidupan sosial, pahala, persepsi positif, dan lain sebagainya. Maka bersyukurlah anda jika belum merokok, karena anda adalah orang yang smart / pandai.
Ketika seseorang menawarkan rokok maka tolak dengan baik. Merasa kasihanlah pada mereka yang merokok. Jangan dengarkan mereka yang menganggap anda lebih rendah dari mereka jika tidak ikutan ngerokok. karena dalam hati dan pikiran mereka yang waras mereka ingin berhenti merokok.

4.2 Saran :
Sebaiknya, jika anda telah menjadi pecandu rokok maka berhentilah sebelum anda merusak tubuh anda lebih jauh lagi. Jika ingin terhindar dari penyakit yang mematikan maka jauhi barang yang bernama rokok dan barang-barang yang mengandung zat-zat kimia berbahaya lainnya.

Daftar pustaka

Organisasi.Org Komunitas & Perpustakaan Online Indonesia

Copyright (c) 2007 All Right Reserved - BahayaMerokok.net

Pembicaraan:Rokok Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gowan Mary & Castolli William, Menjaga Kebugaran Jantung, tr.by: Patuan Raja; Sugeng Hariyanto & Sukon, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2001.
Patel Chandra, Panduan Praktis Mencegah & Mengobati Penyakit Jantung, tr.by: Alextri Aantjono Widodo, PT Gramedia, Jakarta, 1998.
Pearce Evelyn, Anatomi & Fisiologi Untuk Paramedis, tr.by: Sri Yuliani Handoyo, PT Gramedia, Jakarta, 2002.


MAKALAH PRESENTASI
TENTANG BAHAYA ROKOK 





Makalah ini kami buat untuk memenuhi Tugas Aplikasi Perangkat Lunak
dan melengkapi Presentasi Tentang Bahaya Rokok








                                                            
                               DISUSUN OLEH :
KELOMPOK 8 (DELAPAN)
nama : 1. DADANG SETYAWAN
2.      DEVI KURNIAWATI
3.      DEWI SUSANTI
4.      lia andriani
5.      SEPTIAWAN NURIKA T.
kelas :  Xi adm. Perkantoran 1


MUHAMMADIYAH MAJELIS DISDAKMEN
SMK MUHAMMADIYAH 01 PATI
Jalan Raya Pati-Tayu Km 3,5 Pati
TELP / FAX ( 0295 ) 384818
E-mail    : smkmuhammadiyahpati@yahoo.com
kata pengantar

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan karunia, rahmat serta petunjuk-Nya sehingga makalah dengan judul “Bahaya Merokok” dapat kami selesaikan untuk memenuhi tugas Membuat Dokumen.
Dengan tersusunnya makalah ini tidak lupa pula kami ucapkan rasa terima kasih kepada :
1.      Ibu Siti Muntafi’ah, selaku guru pengampu mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak di SMK Muhammadiyah 01 Pati, yang telah membimbing dan memberikan pengarahan hingga selesainya makalah ini.
2.      Bapak Ibu tercinta serta keluarga yang senantiasa memberikan doa restunya juga kasih sayangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar