Senin, 06 Mei 2013

Struktur Sistem Komputer



 

Archive for the ‘Komponen Elektronika’ Category:
Prosesor
December 1st, 2012 No Comments   Posted in Informasi Laptop, Komponen Elektronika, Schematic Laptop
 

Processor atau microprocessor atau dikenal juga dengan nama CPU(Central Processing Unit)  berfungsi sebagai pusat pengendali seluruh proses data dan controller di setiap bagian komponen computer. Processor Juga yang mengontrol keseluruhan proses sistem komputer mulai dari  melakukan perhitungan logical dan membagi tugas tugas. Pada perkembangannya processor mengalami perubahan yang signifikan walaupun setahap demi setahap. Merekan prosesor yang di kenal ada dua, Intel dan AMD. Padahal masih ada lagi beberapa merekan prosecor yang memang kalah dalam pengembangan sehingga tidak begitu dikenal dipasaran seperti  VIA, IBM, Cyrix.

Microprocessor adalah sebutan lain dari chip processor Ukuran satuan yang  saat ini digunakan adalah Gigahertz (GHz).  Gigahertz (GHz).merupakan suatu satuan ukur yang digunakan untuk menghitung kecepatan prosesor dalam memproses data  dan informasi, Jadi semakin besar GHz maka akan semakin cepat proses kerjanya. Kinerja computer dibagi menjadi 3 bagian yang dikenal dengan :

   Aritcmatics Logical Unit (ALU). ALU merupakan suatu pusat dari segala bentuk penghitungan matematik, seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian serta melakukan operasi-operasi logika seperti XOR, OR, AND, dan NOT yang harus dijalankan oleh Sistem komputer.
   Control Unit (CU).  CU merupakan sistem untuk mengatur semua jalur lalu lintas data akses maupun penghitungan yang dilakukan oleh prosesor. Dengan CU maka segala jenis penghitungan dan eksekusi data bisa berjalan dengan baik dan beraturan.
   Memory Unit (MU). MU merupakan kumpulan dari register unit (RU) yang berfungsi membagi kinerja processor ke berbagai bagian dengan konsep masing2 register. Register terbagi menjadi :

   Register data, memori yang berfungsi untuk menyimpan didalam Cache berupa angka kedalam bilangan bulat (integer).
   Register alamat, memori yang berfungsi untuk menyimpan didalam Cache  alamat-alamat memori dan juga untuk mengakses memori.
   Register general purpose, memori yang berfungsi untuk menyimpan didalam Cache  angka dan alamat secara sekaligus.
   Register floating-point, memori yang berfungsi untuk menyimpan didalam Cache angka-angka bilangan titik mengambang (Floating Point)
   Register konstanta (constant register), memori yang berfungsi untuk menyimpan didalam Cache angka-angka tetap yang hanya dapat dibaca (bersifat read-only), semacam phi, null, true, false dan lainnya.
   Register vektor, memori yang berfungsi untuk menyimpan didalam Cache  hasil proses vektor yang  dikerjakan  oleh Prosesor SIMD.
   Register special purpose memori yang berfungsi untuk menyimpan didalam Cache  data internal prosesor, seperti pointer, stack pointer, dan status register.
   Register yang spesifik terhadap model mesin (machine-specific register), dalam beberapa arsitektur tertentu, memori yang berfungsi untuk menyimpan didalam Cache data atau pengaturan yang berkaitan dengan prosesor itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar